Bisnis

Published on October 24th, 2017 | by Ryan Syah

0

10 Alasan Toko Online Sepi Pengunjung

Webiste toko online anda masih sepi pengunjung? Padahal anda sudah mengupayakan berbagai hal, mulai dari optimasi SEO, pasang iklan, promo di media sosial, dll. Hmm, mungkin bukan cara promosinya yang salah, melainkan biang masalahnya justru ada pada toko online anda. Sadarkah Anda kesalahan sepele seperti typo dan loading page yang lama bisa mengurangi jumlah pengunjung. Coba anda cermati beberpa alasan berikut ini yang menyebabkan toko online anda sepi pengunjung. Mungkin beberapa alasan dibawah ini yang jadi penyebabnya.

 

Berikut 10 alasan toko online sepi pengunjung :

 

1.Loading Website Terlalu Lama

“WAITING is BORING. Begitu istilah yang sering kita dengar. Ya, Calon customer/pengujung memang paling malas untuk menunggu loading website yang lama. Meskipun produk yang anda jual berkualitas baik dan menarik. Sebuah riset mengungkapkan bahwa jika loading situs Anda melambat 1 detik saja, bisa menurunkan konversi sebesar 7% Jika sulit untuk diakses maka pengunjung pasti segera meninggalkan website anda dan beralih ke website lain yang menjual produk sejenis yang lebih mudah diakses.

2.Menu Navigasi yang rumit

Navigasi yang rumit dn bertele-tele juga membuat pengunjung segera meninggalkan website anda karena membingungkan bagi mereka. Buatlah sistem navigasi yang mudah bagi pengunjung untuk menemukan produk dan informasi yang mereka cari.

3.Kesalahan Ketik Dan Ejaan

Typo merupakan kesalahan sepele tapi bisa berakibat fatal. Hal itu menunjukkan bahwa Anda teledor. Tidak akan ada yang membeli jika dari awal mereka tidak memepercayai Anda. Misal, kesalahan kata, ejaan, bahasa, dan masalah dasar lainnya pada halaman produk, atau halaman produk yang mengurangi kredibilitas. Pastikan selalu mengecek secara detail isi keseluruhan website Anda. Trik sederhana untuk mengurangi typo adalah dengan membaca kata-per-kata dari paling belakang. Dengan begitu Anda bisa fokus pada ejaan tiap kata.

 

4.Kualitas Konten Rendah

Jangan asal membuat konten, buatlah yang unik dan bermanfaat. Jika konten anda bermanfaat maka akan disukai pengunjung. Pengunjung mengabaikan konten Anda karena mereka merasa tidak ada manfaat.

5.Kualitas Gambar Rendah

Kualitas gambar sangat mempengaruhi penurunan jumlah pengunjung website toko online anda.  Gambar yang terlalu kecil, buram dan pecah sangat tidak disukai pengunjung. Berikan gambar yang berkualitas baik bahkan kalau perlu bisa di zoom. Hal ini memungkinkan konsumen memperbesar gambar untuk memeriksa lebih detail produk tersebut. Menggunakan gambar yang berkualitas tinggi memang bisa saja membuat loading lebih lama, tapi ini bisa diatasi dengan memasang foto format JPEG. JPEG memberikan kualitas gambar yang baik meski filenya berukuran kecil, dibanding PNG atau GIF.

6.Suara Video/Musik Yang Mengganggu

Video atau suara musik/lagu  yang berputar secara otomatis justru dapat mengganggu pengunjung dan juga membuat waktu loading halaman menjadi lebih lama. Intinya : Jangan berisik !. Pelanggan Anda sedang belanja, tapi Anda sendiri yang mengganggunya dengan suara ribut.

7.Tidak Ada Ulasan Produk

Tentu saja customer online akan lebih berhati-hati ketika ingin membeli produk secara online. Karena mereka tidak bisa secara langsung menyentuh produk itu, itulah mengapa mereka mencari cara untuk mendapatkan informasi selengkapnya tentang produk tersebut. Manusia itu makhluk sosial. Jika kebanyakan orang menganggap sebuah produk sebagai produk bagus, maka orang lain juga cenderung menganggapnya bagus. Semakin minim ulasan tentang produk, maka semakin pengunjung tidak percaya dan ragu terhadap produk anda. Anda bisa meminta testimoni dari para customer anda yang, testimoni sangat membantu meyakinkan calon customer anda untuk take action.

8.Perbandingan Harga

Jika produk yang anda jual adalah produk massal/diproduksi sangat banyak. Maka perbandingan harga sangat berpengaruh. Pembeli online saat ini bisa dengan mudah mencari website lain untuk perbandingan harga. Customer selalu mencari penawaran terbaik. Lain halnya jika produk yang anda jual sangat terbatas dan dengan desain khusus. Maka harga dengan mudah anda kuasai

 9.Tidak Ada Promo Kupon/Diskon

Customer menyukai promo. Jika mereka tidak menemukan promo kupon/diskon apapun pada toko online, maka bisa jadi mereka akan meninggalkan situsmu dan berbelanja di tempat lain yang menyediakan promo/diskon yang menarik. Sebagai bocoran, di Indonesia orang paling tertarik dengan penawaran “DISKON” dan “GRATIS ONGKOS KIRIM”.

10.Proses Checkout/Pembayaran Terlalu Panjang dan Rumit

Ketika customer ingin melakukan checkout tapi prosesnya terlalu panjang dan rumit maka hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan mungkin saja mereka membatalkan pembelian produk. Buatlah proses checkout/pembayaran yang mudah dipahami oleh pembeli. Sampaikan bagaimana Anda menerima pembayaran. Apakah Anda menerima pembayaran kartu kredit, atau hanya transfer bank ?

 

Nah itulah beberapa masalah yang berpotensi membuat toko Anda sepi. Semoga Artikel ini bermanfaat.


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑