Bisnis

Published on November 17th, 2017 | by Ryan Syah

0

11 Kunci Keberhasilan Toko Online

Membuka toko online sebenarnya hampir sama dengan toko offline, yang beda hanya medianya saja. Anda perlu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan untuk konsumen Anda.

 

Pernah kan Anda belanja di Swalayan yang bersih ?. Susunan produknya rapi. Suhu ruangan sejuk dan alunan musik yang lembut mengalun mengiringi langkah kaki Anda menyusuri lorong demi lorong.

 

Tanpa sadar Anda pun menambahkan barang-barang yang awalnya tidak berniat Anda beli ke dalam keranjang belanja Anda. Sampai di kasir, Anda disapa dengan ramah. Proses pembayaran pun cepat dan Anda menyelesaikan transaksi tanpa kesulitan apapun. Anda memperoleh pengalaman belanja yang menyenangkan.

 

Bandingkan jika Anda belanja di toko yang produknya ditata seenaknya, awur-awuran. Kondisinya kotor dan berantakan. Apalagi kalo ditambah bibi yang jaga toko suka ngedumel. Hayoo.. meskipun dikasih harga lebih murah, apa Anda mau belanja lagi di tempat seperti itu ?

 

Dalam menjalankan bisnis toko online anda, butuh komitmen, ketelatenan dan kerja keras. Berikut 11 kunci keberhasilan toko online agar bisa memberi pengalaman belanja yang positif pada konsumen Anda. :

 

1.Foto Produk
Foto produk anda sebaiknya asli, bukan gambar hasil download dari google. Buatlah tampilan foto produk semenarik mungkin.  Jika menjual produk fashion anda bisa menampilkan foto produk anda dengan manekin atau jika usaha anda cukup berkembang anda bisa menggunakan jasa model dan fotografer. Perhatikan kualitas foto produk anda. Foto jangan terlalu kecil apalagi sampai gambarnya pecah. Gunakan format JPEG, karena JPEG memiliki kualitas gambar yang lebih bagus untuk ukuran file yang lebih kecil dibanding PNG atau GIF.  Foto harus cukup menarik perhatian dan minat calon customer anda, Dan gunakan background warna putih, karena warna putih itu netral, konsumen jadi bisa lebih fokus ke detil produk Anda. Bila perlu anda bisa menampilkan gambar produk tampak depan, samping dan belakang. Lebih bagus lagi jika Anda tambahkan fitur zoom.

 

2.Informasi Produk Lengkap

Berikan informasi mengenai produk anda selengkap mungkin, baik dari segi bahan, ukuran, warna dan detail lainnya. Terutama bila Anda jual pakaian,sepatu atau sejenisnya. Jelaskan ukurannya. Misalkan ukuran XL itu lebar bahu / lingkar dada berapa cm, panjangnya berapa cm. Karena beda merek, ukurannya juga beda.  Sama juga halnya sepatu. Sepatu pria dengan ukuran 40, belum tentu sama ukuran dengan sepatu wanita ukuran 40. Jadi jangan sampai malas untuk memberikan informasi yang lengkap. Semakin lengkap semakin baik. Sehingga calon customer anda tidak perlu bertanya lagi kepada anda karena informasi cukup lengkap. Kerja keras Anda akan terbayar.

 

3.Kontak yang Jelas
Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak, karena di Indonesia konsumen masih banyak yang memilih cara manual. Anda bisa berikan nomor handphone, whatsapp, PIN BlackBerry, alamat email, akun facebook, akun line, Yahoo Messenger, dll.

 

4.Respon cepat

Saat calon pembeli menghubungi via telepon,message fb, SMS, BBM, atau YM jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk.

 

5.Respon calon pembeli meski terlambat

Meskipun terlambat cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Jika anda abaikan, hal ini akan memberikan kesan negatif. Dan calon customer akan sungkan untuk order.

 

6.Miliki banyak rekening bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Umumnya sediakan 4 bank berikut : BCA, BNI, BRI, Mandiri. Jangan sampai konsumen Anda batal membeli hanya gara-gara mereka tidak mau kena biaya tambahan karena transfer ke Bank yang berbeda dengan milik mereka.

 

7.Berikan kepastian dan tepati

Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan mereka sangat diharapkan customer anda. Terutama bila produk yang Anda jual membutuhkan proses pembuatan yang agak lama, misalkan souvenir handmade, cetak undangan / kartu nama, kerajinan pahat / ukir kayu dll. Sampaikan berapa lama proses pembuatannya. Jangan mempermainkan customer dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Berikan nomor resi pengiriman barang agar customer bisa mengecek posisi paket kiriman mereka.

 

8.Petunjuk pembelian yang jelas
Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Buatlah tata cara order yang jelas. Sehingga customer lebih mudah untuk order.

 

9.Perincian harga barang dan ongkos kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Dan jangan kenakan tambahan biaya lain-lain, ini bisa membuat konsumen kecewa karena harus membayar lebih banyak dibanding harga yang tertera.

 

10.Update terus menerus

Rajinlah untuk update produk. Setidaknya tiap 1 atau 2 bulan harus ada “NEW PRODUCT” , walaupun cuma satu. Makin sering anda update menunjukan bahwa toko online anda aktif.

 

11.Desain dan navigasi yang ramah

Desain dan navigasi website anda membuat betah calon customer anda. Perhatikan juga kemudahan mengakses website toko online anda. Bila perlu anda bisa menyiapkan versi mobile untuk website toko online anda. Sehingga bisa menjaring customer dari pengguna ponsel.

 

Nah itulah 11 tips yang bisa Anda lakukan agar toko online Anda bisa terus berkembang dan lebih optimal. Semoga artikel ini bermanfaat.


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑