Bisnis

Published on February 14th, 2018 | by Ryan Syah

0

Ingin Meningkatkan Konversi,Kenapa Tidak Beriklan di Facebook Ads Saja?

Setiap pemilik bisnis tentu menginginkan peningkatan signifikan dalam penjualan. Traffic merupakan salah satu syarat terjadinya penjualan, jadi tidak mengherankan berbagai usaha mereka lakukan untuk mendatangkan traffic baru, mulai dari penawaran promo yang menggiurkan hingga beriklan melalui promosi berbayar.

 

Salah satu pilihan promosi berbayar yang paling efektif adalah facebook ads. Banyak sekali fitur-fitur facebook ads yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah konversi. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan facebook ads :

 

KELEBIHAN FACEBOOK ADS

1.MURAH

Dengan budget 10 ribu per hari Anda sudah bisa mulai beriklan di facebook. Bandingkan dengan biaya jika Beriklan di media cetak atau TV. Bandingkan juga jika dibandingkan dengan endorse artis, pasti lebih mahal.

2.TERTARGET

Facebook bisa membidik target market hingga sangat detail. Mulai usia,jenis kelamin lokasi ,status dan sebagainya. Misalnya Anda punya usaha offline di Surabaya yang pasarnya untuk anak-anak muda, anda bisa mentarget usia 18-23 saja dan kota Surabaya saja sebagai targetnya.  Ini artinya orang yang tidak masuk dalam kategori pasar yang anda bidik tidak akan melihat iklan Anda.

3.COCOK UNTUK MEREK YANG BELUM TERKENAL.

Coba Anda amati TV anda saat sesi iklan, tayangan iklan yang muncul paling cuma produk-produknya unilever dan indofood. dari 10 iklan, kadang 8 diantaranya adalah produk unilever. Bayangkan kalau Anda ikut-ikutan pasang iklan di TV, apa iya produk anda yang belum besar bisa menyaingi unilever?. Tapi Fb ads beda, mulai skala UKM sampai professional banyak yang beriklan di fb ads. jadi bisnis anda selalu mendapat tempat disana.

4. JUMLAH PENGGUNANYA BANYAK

Indonesia adalah negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak ke 4 di dunia. Artinya di dalam facebook terdapat market yang sangat luas. Kalau Facebook kita ibaratkan foodcourt,  maka foodcourtnya itu sudah rame, tinggal kita milih siapa yang mau kita datangkan ke lapak makanan kita dan pinter-pinternya kita buat kasi penawaran biar mereka mau beli makanan yang kita jual.

5. IKLAN SESUAI DENGAN YANG KITA INGINKAN

Dengan Fb ads kita bisabenar-benar memilih apa objective iklan kita. Apakah ingin penawaran kita viral (engagement), ingin dapat like, ingin orang mengunjungi toko online kita(traffic/CTW), bahkan pembelian(purchase) dsb. Semua pilihan itu tersedia,tinggal pilih mau yang mana.

6.EFEK BOLA SALJU

Jika salah satu pengguna melihat iklan Anda, lalu dia share, maka iklan itu juga bisa dilihat oleh teman-temannya. dan jika temannya itu share lagi maka efek yang sama akan terulang. Penawaran Anda pun akan jadi lebih viral. Semakin banyak orang yang melihat iklan Anda, tentu peluang konversi jadi lebih besar.

7.SEMUA TERDATA

YA, semua campaign Anda terdata, sehingga bisa diukur dan dievaluasi.

 

KEKURANGAN FACEBOOK ADS

Tentu saja facebook ads juga punya kekurangan, diantaranya :

1.HARUS TERTARGET DENGAN TEPAT

Fb ads Sangat bergantung pada kemampuan pengklannya untuk mentarget pasar. Jadi harus benar-benar paham pangsa pasar untuk bisnisnya siapa saja. Jika tidak hasilnya adalah iklan boncos. Ibaratnya, Anda memegang senapan secanggih apapun lengkap dengan teropong snipernya, kalau memang dasarnya nggak bisa membidik, ya targetnya gak bakal kena.

2.AME

AME adalah singkatan Ads Manager Error, singkatnya akun iklan anda kena banned, dan sementara tidak bisa mengiklan sampai akun anda dipulihkan. Yang menyebalkan adalah seringkali alasan kena ame tidak selalu berdasar. Dan pihak fb pun sangat sulit dihubungi terkait masalah ini. Teman saya ada yang bilang saat kena AME  baru 2 minggu kemudian ditanggapi pihak fb, setelah tiap hari ngeyel.

3.JEBAKAN BIODATA PALSU

Maksudnya gini, misalkan Anda punya produk khusus untuk pasutri, lalu Anda mentarget orang-orang yang statusnya “married” ( menikah ). Oke, sekilas sepertinya masuk akal dan wajar, Tapi ini Indonesia Bung, banyak anak SMP alay yang baru pacaran 2-3 bulan udah pasang status “MARRIED”, trus manggilnya mama-papa ayah-bunda dsb. Nah efeknya ke iklan Anda adalah, Bisa jadi iklan Anda nyasar ke anak alay ini. Bukannya penjualan yang anda hasilkan, malah boncos biaya yang Anda dapat.

 

Semoga Artikel ini Berguna.

 


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑