Motivasi

Published on November 10th, 2017 | by Ryan Syah

0

Investasi Yang Tidak Pernah Merugi

Tahukah Anda Apa bentuk investasi yang tidak pernah mendatangka kerugian ?. Emas kah ?… Saham kah ?… Reksadana?… Properti?… Atau yang lainnya?

 

Sebelum mengetahui jawabannyanya, Mari kita simak kisah yang sangat menarik ini :

 

Suatu ketika, Nabi Sulaiman ditawari oleh ALLAH  untuk memilih salah satu antara Harta, ilmu atau tahta. Nabi Sulaiman dengan tegas memilih ilmu. Pilihan tersebut benar-benar paling tepat, berkat pilihan tersebut beliau akhirnya juga mendapatkan harta dan tahta sebagai raja, disamping ilmu. Dengan satu pilihan, Beliau mendapatkan ketiga-tiganya. Mengelola harta butuh ilmu. Memimpin sebuah kerajaan juga butuh ilmu. Semua ada ilmunya. Nabi sulaiman tercatat sejarah sebagai Nabi yang cerdas, kaya raya, berkuasa, shalih, adil, bijaksana dan dihormati.

 

“ Sulaiman diberi pilihan Antara harta,kerajaan, atau ilmu. Maka sulaiman memilih Ilmu. Lalu dengan sebab memilih ilmu (pada akhirnya) ia diberi kerajaan dan harta “ ( H.R ibnu ‘asakir dan Ad-Dailami )

 

Investasi Yang tidak pernah mendatangkan kerugian adalah investasi ILMU. Asalkan ilmunya adalah ilmu yang baik ( bukan ilmu kejahatan atau sejenis ilmu sesat ) dan bermanfaat, maka pasti akan mendatangkan keuntungan. Belum pernah ada ceritanya  ilmu yang baik lagi bermanfaat menyebabkan celaka bagi pemiliknya. Yang ada malah menyebabkan kebaikan.

 

Emas sebenarnya juga investasi yang bagus, tapi emas bukan investasi yang bisa menjadikan kaya. Emas mungkin lebih tepat untuk dijadikan jaga-jaga agar tidak miskin. Selain itu emas juga tidak menghasilkan passive income.

 

Properti juga investasi yang bagus. Harganya terus naik dari waktu ke waktu dan bisa menghasilkan passive income, tapi untuk membeli sebuah properti Anda perlu keluar uang dalam jumlah besar. Berinvestasi properti juga perlu Ilmunya, tanpa ilmu yang benar apa mungkin bisa menghasilkan keuntungan ?. yang ada malah jadi keluar biaya lebih banyak karena properti juga butuh maintenance.

 

Di bidang apapun sama, Semua perlu ilmu. Cari uang butuh ilmunya. Berbisnis juga ada ilmunya. Ingin jadi Atlit, ada ilmunya juga. Terjun ke politik, butuh ilmunya. Pengen dapet apapun, perlu ilmunya. Bahkan ngedeketin cewek pun juga ada ilmunya. Kalau tidak pakai ilmu yang benar ya pasti kocar-kacir. Tapi jika Anda menguasai ilmunya, Anda bisa meraih apapun bidang yang Anda inginkan.

 

Investasi yang tidak pernah rugi adalah investasi ILMU. Beberapa orang menyebutnya investasi “leher keatas” alias investasi otak atau entah apapun Anda menyebutnya.

 

Pernah dengar cerita seorang pengusaha yang bangkrut hingga menanggung hutang milyaran rupiah, tapi sekarang bisa bangkit lagi ?. Bahkan jumlah kekayaannya jauh lebih banyak dibanding sebelum bangkrut. Tau kenapa ?. Karena saat mereka bangkrut, yang hilang cuma hartanya, ilmunya gak ikut ilang. Bahkan ketika hartanya berkurang, ilmunya justru bertambah. Karena terus belajar tanpa menyerah. Akhirnya bisnisnya bangkit lagi dengan lebih besar.

 

Anda pasti kenal dengan Tukul Arwana. Anda mengenalnya sebagai komedian terkenal yang saat ini sukses memiliki karir yang cemerlang. Tapi taukah Anda saat beliau masih bekerja menjadi sopir, sebelum sukses seperti sekarang, Tukul Arwana selalu menyisihkan sebagian gajinya untuk beli buku, padahal kondisi keuangannya saat itu serba pas-pasan. Bisa saja saat itu beliau menggunakan uangnya untuk keperluan pokok lainnya, tapi beliau memilih menggunakannya untuk investasi ilmu. Dan hasilnya seperti yang bisa kita lihat bersama, kesuksesan adalah buah dari proses yang benar dan bukannya berkah yang mampir secara kebetulan.

 

Jadi, Anda jangan pernah ragu untuk berinvestasi ILMU. Untuk kebaikan Anda sendiri. Dengan menguasai ilmu yang diperlukan, Yakinlah, hasil yang Anda capai pasti lebih banyak dibanding harga yang Anda bayarkan demi mempelajarinya. Jangan pelit terhadap Diri Anda sendiri.


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑