Bisnis

Published on February 6th, 2018 | by Ryan Syah

0

Pemuda reseller ini mewariskan 5 trilyun rupiah ketika meninggal, padahal mulai berbisnis tanpa modal.

Dikisahkan, seorang pemuda memutuskan hijrah tanpa modal harta sebagai pegangannya. Bisa dibilang modalnya NOL, tapi pemuda ini bukan pemuda biasa. Salah satu sahabat sempat menawarkan bantuan modal untuk ia gunakan sebagai modal dagang, namun ia hanya mendoakan kebaikan untuk sahabatnya tersebut tanpa menerima tawarannya.

Pemuda itu hanya minta diberitahu dimana letak pasar terdekat. Setelah itu apa yang dilakukannya?.

Ia membeli produk dari salah satu pedagang secara tidak-tunai, lalu kemudian menjual kembali dengan mengambil keuntungan dari harga kulak (reseller). Berkat sifat jujur dan kegigihannya, dalam waktu singkat bisnis pemuda ini berhasil berkembang pesat.

Ya, pemuda tersebut adalah Aburrahman bin Auf, salah satu sahabat Rasulullah SAW yang termasuk salah satu orang yang dijamin masuk surga.

Apa yang membuat Beliau sangat sukses, pasti dikarenakan sifat-sifatnya. Makanya walaupun tanpa modal awal yang banyak, Beliau bisa membangun bisnis yang berkembang pesat. Beberapa sifat mulia Abdurrahman bin Auf diantaranya jujur, dermawan, dan yang paling penting tidak pernah menyalahi janji.

Nggak kayak kita nih, sukanya janjiin produk muluk-muluk, tapi kenyataannya nggak seperti yang dijanjikan. Giliran dikomplain sama konsumen, eh malah ngeles. *ups*…maaf keceplosan…

Sifat-sifat mulia beliau yang menjadi kunci sukses berdagang antara lain:

  1. Tidak pernah menolak tawaran untung meskipun hanyasedikit
  2. Tidak pernah MENUNDA pesanan satu hewan pun
  3. Tidak menjual dengan RIBA
  4. Lebih senang berdagang daripada diberi
  5. Jujur dan Amanah
  6. Dermawan.
  7. Konsisten

Pada akhir hayatnya, Beliau meninggalkan harta sekitar 3 juta dinar untuk para ahli warisnya, atau sekitar 5 trilyun rupiah.

Nah, sebagai orang beriman kita selayaknya meniru apa yang beliau contohkan. Seringkali sebagai pengusaha kita selalu dipusingkan soal modal awal. Mau buka bisnis tapi bingung modal seret, padahal dengan kemudahan teknologi internet saat ini, banyak sekali peluang usaha dengan modal minim, bahkan ada yang tanpa modal uang. Masalahnya adalah, keberanian Anda mengambil keputusan. Beranikah Anda mengambil resiko untuk memanfaatkan peluang tersebut, ataukah selamanya diam menunggu sebagai pengamat tanpa memperoleh hasil apa-apa?. Keputusan ada di tangan Anda.

 

Sukses selalu untuk Anda.


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑