Bisnis

Published on November 9th, 2017 | by Ryan Syah

0

Tips berklan yang Lebih efektif di fb ads

Dalam dunia internet marketing beriklan melalui facebook ads masih menjadi pilihan utama yang paling sering digunakan oleh kalangan internet marketer. Facebook ads juga menyediakan iklan pay per click untuk para pengguna facebook.

 

Tapi yang seringkali orang lupakan : Facebook adalah media sosial, bukan media berdagang seperti marketplace. Artinya, orang log in ke facebook tujuan utamanya adalah untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka, update status, komen di status teman dll. Bukan untuk membeli barang atau mencari produk tertentu.

 

Jadi jika Anda menjual produk Anda di facebook, atau beriklan dengan menggunakan fb ads, sangat penting bagi Anda untuk membuat iklan yang benar-benar bisa menarik perhatian. Tujuannya agar pengguna facebook yang tadi awalnya cuma berniat bersosialisasi, jadi teralih perhatiannya kepada iklan Anda, akhirnya mereka jadi penasaran dan meluangkan waktu untuk melihat penawaran Anda. Ini hanya bisa terjadi bila iklan Anda sangat menarik, minimal lebih menarik dibanding postingan lain yang muncul di beranda audience Anda.

 

Tentu bukan hal yang sepele untuk membuat iklan yang seperti itu, Tapi untuk membantu Anda, Berikut kami berikan tips yang perlu anda perhatikan dalam membuat iklan :

1.Ide yang besar

Untuk membuat iklan anda harus memikirkan ide yang  besar, menarik dan mencolok. Karena dengan begitu akan menarik perhatian pengguna facebook. Anda harus ingat bahwa tidak ada yang mau meng-klik iklan anda kecuali iklan anda benar-benar menarik bagi mereka.  Buatlah iklan semenarik mungkin.

2.Buat penasaran

Perhatikan! Ketika orang login di facebook, rata-rata mereka hanya akan tertarik untuk memposting foto, buat status, memeriksa apa yang baru atau memperhatikan timeline dan aktivitas teman-teman mereka. Kemudian mereka tertarik bersosialisasi dengan teman-temannya. Begitu adanya karena memang facebook didesain untuk itu. Sekarang tugas anda buatlah iklan yang menarik bagi mereka dan buat mereka menghabiskan sedikit waktu untuk melihat iklan anda. Caranya : buatlah headline yang bikin mereka penasaran. Pancing rasa ingin tahu mereka dan mereka akan meng-klik iklan anda.

3.Kreativitas

Anda perlu sedikit kreativitas, tapi jangan berlebihan hanya karena Anda ingin terlihat BERBEDA. Cari/pilihlah gambar yang mencolok. Gambar dengan background warna orange/merah memiliki efek yang mencolok di facebook, karena warna dasar facebook adalah biru, sedangkan orange/ kuning / merah adalah warna kontras dari biru.  Buatlah teks iklan yang singkat, jelas dan menarik. Orang lebih suka menangkap iklan secara visual ketimbang teks. Gambar yang mencolok dan didukung teks yang menarik membuat mereka meng-klik iklan anda.

4.Target traffic

Target market jauh lebih penting dibanding copywritingnya. Jadi kenali target traffic anda dengan jelas. Semakin spesifik semakin baik. Anda sedang menjaring calon customer anda yang potensial. Perhatikan produk yang anda tawarkan dalam iklan, lihat siapa saja calon customer anda. Apakah pria atau wanita? Berapa rentang usia rata-rata mereka? Bagaimana tingkat pendidikan mereka? Siapa saja yang memiliki ketertarikan dibidang yang sama?

5.Tempatkan diri anda

Cobalah tempatkan diri anda diposisi mereka/pengguna facebook. Perhatikan iklan yang anda buat. Apakah cukup menarik perhatian anda? Apakah iklan tersebut membuat anda ingin membeli produk yang ditawarkan? Apakah iklan tersebut membuat anda penasaran dan menggali rasa ingin tahu anda? Semakin anda masuk dalam pikiran calon customer anda maka semakin anda tahu apa yang mereka butuhkan. Ini menjadi poin yang kuat dalam penjualan. Dengan sendirinya anda akan tahu bagaimana cara menarik perhatian mereka.

 

Anda terapkan tips diatas untuk facebook ads anda. Iklan Anda lebih efektif dan Anda dapat menjual produk yang anda tawarkan. Simpan baik-baik 5 tips diatas, masukkan dalam pikiran anda. Mulailah gali kreativitas anda. Buatlah iklan yang menarik.


About the Author

Founder & Owner www.studibisnisonline.com Manusia Biasa yang Berjuang Menjadi Luar Biasa Dengan Cara Yang Tidak Biasa.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top ↑